GEA, Jurnal Pendidikan Geografi
Vol 16, No 2 (2016)

PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KECERDASAN SPASIAL PESERTA DIDIK MELALUI AFFORDANCE DAN GEO-LITERACY MENGGUNAKAN ANALISIS JALUR (Studi Kasus SMA Negeri di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung)

Urfan, Faiz (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2017

Abstract

Dalam pembelajaran Geografi, kecerdasan spasial merupakan komponen yang penting karena Geografi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang ruang (space). Lingkungan sekolah memiliki pengaruh terhadap peningkatan kecerdasan spasial peserta didik. Namun sampai saat ini belum ditemukan penjelasan yang spesifik tentang mekanisme pengaruh lingkungan sekolah terhadap kecerdasan spasial. Penelitian ini merupakan penelitian survei dan dilakukan di SMA negeri di Kota Bandung dan SMA negeri Kabupaten Bandung dengan jumlah sampel sebanyak 264 responden yang tersebar di sembilan sekolah. Pengaruh lingkungan sekolah terhadap kecerdasan spasial dapat dijelaskan dengan analisis jalur yang melibatkan dua variabel lain, yakni affordance dan geo-literacy. Adapun kesimpulan yang dihasilkan yaitu (1) lingkungan sekolah tidak signifikan berpengaruh terhadap affordance; (2) lingkungan sekolah dan affordance secara signifikan berpengaruh terhadap geo-literacy; (3) affordance dan geo-literacy secara signifikan berpengaruh terhadap kecerdasan spasial. Peneliti merekomendasikan agar konsep kecerdasan spasial dalam pembelajaran Geografi terus dikaji untuk melahirkan konsep yang valid dan baku. Kata kunci: Lingkungan sekolah, affordance, geo-literacy, kecerdasan spasial, analisis jalur.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

gea

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Geografi Gea is the information media academics and researchers who have attention to developing the educational disciplines and disciplines of Geography Education in Indonesia. GEA taken from the Greek Ghea means "God of Earth." Jurnal Geografi Gea provides a way for students, lectures, and ...