Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan SMA Negeri 4 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak yaitu kelas X IA 4 sebagai eksperimen dan kelas XI IA 5 sebagai kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP yang menggunakan model PjBL, LKPD dengan model PjBL, dan 50 soal tes objektif yang telah divalidasi. Pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap hasil belajar siswa di analisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretes kelas eksperimen ialah 48,06 dan postes 81,55 lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan rata-rata nilai pretes 46,12 dan postes 74,68. Demikian pula hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 7,90, sedangkan pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 1,69. Dengan demikian nilai thitung ttabel (7,90 1,69) sehingga Ho ditolak. Maka dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran PjBL (Project Based Leraning) dengan kelompok siswa yang belajar melalui pembelajaran konvensional.
Copyrights © 2017