Keinginan/dorongan dan ketertarikan siswa dalam belajar merupakan salah satu kunci untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Tinggi rendahnya keinginan dalam belajar tersebut bisa saja dipengaruhi oleh beberapa penyebab/faktor diantaranya harapan, kesanggupan, keadaan fisik, lingkungan, serta tata cara guru dalam membimbing siswa.Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar?. Dengan bertujuan untuk mendeskripsikanfaktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yaitu deskriptif.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket yang dibagikan kepada seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 22 orang, observasi kegiatan pengajar dan peserta didik dalam proses pembelajaran matematika dan wawancara peserta didik kelas V yang berjumlah 22 orang. Data diolah melalui analisis kualitatif.Temuan hasilnya dapat diketahui bahwa yang menjadi faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar ada tiga, yaitu: (1) kemampuan siswa, (2) kondisi lingkungan siswa, dan (3) tata cara guru dalam membimbing siswa.
Copyrights © 2017