Satya Widya
Vol 33 No 1 (2017)

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD

Fikria Trisnawaty (PGSD FKIP)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah berupa rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Watu Agung 02 Tuntang Semester 2 tahun 2016/207. Rendahnya hasil belajar disebabkan karena siswa kurang aktif dan antusias pada saat proses pembelajaran serta metode mengajar yang digunakan guru masih konvensional. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Observasi dan evaluasi hasil belajar dalam bentuk tes pilihan ganda merupakan teknik pengumpulan data dalam penulisan skripsi ini. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yakni terjadinya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Watu Agung 02 Tuntang pada mata pelajaran IPA melalui implementasi metode demonstrasi. Langkah-langkah metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar meliputi kegiatan. Kemudian, bagi siswa yang memiliki kemampuan akademis agar lebih dapat berbagi pengetahuan dengan rekannya yang lain dalam hal kerja kelompok. Selain itu, guru diharapkan dapat meningkatkan keterampilannya dalam menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Karena  dalam implementasi metode demonstrasi dapat membantu siswa lebih aktif, lebih berminat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

satyawidya

Publisher

Subject

Education

Description

SATYA WIDYA is presenting diverse, yet still within major themes in education. Especially the study of theoretical education and results of descriptive research, classroom action research, experimental and development research, in the purpose of sustainable professionalism ...