EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 2, No 2 (2016): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Pengaruh Metode Ceramah Dengan Metode Quantum Teaching Dalam Pembentukan Akhlak Pada Pelajaran PPKN Di Kelas VIII SMP Al-Washliyah 8 Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016

Zulkifli Amin (Unknown)
Didin Hafdhuddin (Dosen IPB dan IBN)
Adian Husaini (Dosen IPB dan IBN)
Edin Mujahid (Dosen IBN Bogor)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2016

Abstract

Proses belajar mengajar selalu mengarah kepada ilmu pengetahuan dan teknologi, dimana ada penemuan baru tentu dunia pendidikan tidak bisa hanya menonton tetapi harus dapat memanfaatkannya. Oleh karena itu pendidikan bukan merupakan perbuatan yang mudah, ia harus dilaksanakan dengan situasi dan kondisi yang konkret dan direncanakan melalui pemikiran yang mantap.  Bagi manusia, pendidikan bukan sekedar kemungkinan melainkan suatu keharusan untuk dapat hidup sebagai manusia apabila manusia yang baru lahir itu tidak mendpatkan bantuan berupa bantuan pendidikan, sulit dibayangkan ia dapat terus hidup, apabila hidup sebagai manusia yang harus mampu melaksanakan dengan penuh tanggung jawab dalam dunia yang serba kompleks, penuh tantangan. Itulah sebabnya maka pendidikan diberikan istilah pemanusiawian manusia atau humanization.Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ini telah meumuskan secara tegas mengenai dasar, fungsi, dan tujuan Pendidikan Nasional. Pasal 2 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang memuat dasar pendidikan nasional, yaitu berdasar Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, sedang fungsinya yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Kata Kunci: Metode Ceramah, Metode Quantum, Pembentukan AHklak

Copyrights © 2016