JRK (Jurnal Riset Komunikasi)
Vol 8, No 1 (2017): JRK Vol 8 No 1 Juni 2017

EKONOMI POLITIK MEDIA : PEMBERITAAN MENJELANG PEMILIHAN GUBERNUR BANTEN 2017 OLEH RADAR BANTEN DAN BARAYA TV

P, ACHMAD NASHRUDIN (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2017

Abstract

Penelitian tentang Ekonomi Politik Media : Pada pemberitaan menjelang Pemilihan gubernur Banten 2017 oleh Radar Banten dan Baraya TV ini dilatar belakangi oleh fenomena melonggarnya nilai-nilai objektifitas dan independensi media massa dalam menjalankan fungsinya sebagamana di atur dalam UU Pers dan UU Penyiaran. Pada saat kampanye, para kandidat atau calon gubuernur dan wakil gubernur berlomba-lomba untuk mendapatkan ”tempat’ dan dikenal sekaligus mengobral janji kepada calon pemilhan untuk mendapatkan simpati. Pada saat itu, media seolah lupa pada fungsi dan posisinya. Penelitian ini bertujuan mengetahui fenomena relasi media dengan para kandidat dan bagaimana fenomena ekonomi politik media di kedua lembaga (Radar Banten dan Baraya Pos) tersebut pada saat menjelang pemilihan gubernur Banten tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan paradigma konstruktivis dan menggunakan metode pengumpulan data melalui depth-interview, dari informan terpilih. Hasil penelitian menggambarkan bahwa relasi media (hubungan antara) media dengan para calon relatif longgar, tergambar dari hasil pengamatan dan wawancara yang menunjukkan bahwa kedua media tersebut “begitu mesra” dengan para kandidat, dan kebijakan media dalam mengangkat berita lebih disarakan pada kepentingan ekonomi vis a vis dengan kepentingan politik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JRKom

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Riset Komunikasi aims to encourage research in communication studies. Focus and scopes within the journal include but not limited to: 1. Media anda Text Analysis 2. Cross-cultural Communication 3. Enviromental Communication 4. Health Communication 5. Organizational Communication 6. Political ...