KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
Proseding Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis

PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA MENGIKUTI PERKULIAHAN AKUNTANSI KEUANGAN

Hafsah UMSU (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2017

Abstract

Akuntansi Keuangan adalah salah satu  mata kuliah  yang  penting  dalam kurikulum  prodi  Akuntansi.                                  Mahasiswa  menganggap  mata  kuliah  Akuntansi Keuangan  sebagai  mata  kuliah  yang  cukup  sulit  karena  banyaknya  unsur penalaran  dan  perhitungan  di  dalamnya.                                                   Kurangnya  minat  dan  motivasi mahasiswa  tentunya  berdampak  kurang  baik  bagi  prestasi  belajar  mahasiswa. Nilai  akhir  dan  penguasaan  konsep  mahasiswa  masih  rendah,  di  samping penalaran yang juga rendah.  Pengerjaan tugas yang diberikan kurang maksimal, pembelajaran yang kurang bermakna dan pemahaman yang sangat sulit. Tujuan penelitian  ini adalah  melakukan penerapan  metode pembelajaran mengerjakan masalah, yaitu kasus-kasus dalam penyusunan laporan keuangan untuk   meningkatkan  pemahaman   mahasiswa.                                      Metode  ini  akan   membuat mahasiswa belajar lebih memahami materi baik secara individu maupun dalam kelompok                 sehingga         pemahaman         diharapkan      akan                    lebih          mudah            karena mendapatkan bantuan dari teman sekelompok.  Kelas yang diamati adalah 6 kelas yang diberikan kepada peneliti untuk memberikan materi mata kuliah akuntansi keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman belajar mahasiswa di kelas dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah ini, karena mahasiswa setiap pertemuan kelas tetap menyelesaikan kasus-kasus yang diberikan sehingga dengan rutinitas kajian akuntansi itu dikerjakan akan membuat mahaiswa lebih memahami dari pada mahasiswa hanya mendapatkan teori@ yang diberikan.           Secara keseluruhan kondisi mahasiswa, materi, bahan ajar, dosen dan strategi pembelajaran menunjukkan sudah baik atau sesuai dengan yang   diharapkan.         Hal   ini   tentunya                                    merupakan   sebuah   penanda                                    bahwa sesungguhnya mahasiswa mampu menunjukkan kualitas terbaiknya dalam pembelajaran.Kata Kunci: pembelajaran, berbasis masalah, akuntansi keuangan 

Copyrights © 0000