Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Dropshot dalam permainan Bulutangkis melalui Media Audiovisual pada siswa X SMK ABDI NEGARA Kota Binjai Tahun ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang siswa yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui Media Audiovisual terhadap hasil belajar Drobshot dalam permainan Bulutangkis.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberi tes awal untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran Dropshot, kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan Media Audiovisual dan diakhiri dengan pemberian tes siklus I dan tes siklus II dengan instrumen penelitian lembaran pengamatan tes hasil belajar Dropshot dengan menggunakan lembar portofolio.
Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) dari data hasil tes belajar Siklus I diperoleh 24 orang (66%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 12 orang (33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 7,5. (2) dari tes hasil belajar Siklus II diperoleh 31 orang (86%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang (13%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 79,1. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 22%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Media AudioVisual meningkatkan hasil belajar Drobshot pada siswa-siswi SMK Abdi Negara Kota Binjai Tahun ajaran 2016/2017
Copyrights © 2017