Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Dribble dalam permainan bola basket melalui media Audiovisual dengan penerapan variasi pembelajaran pada siswa kelas X Multimedia I SMK Tritech Informatika Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan 4 sampai 20 Mei 2017.
Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik dasar Dribble teknik dasar bola basket masih rendah. Dari 35 orang siswa terdapat 26 orang (74.3%) yang tuntas yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 9 orang 25.7% tidak mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 72,1. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 35 orang siswa terdapat 30 orang 86% yang telah mencapai ketuntasan belajar , sedangkan 5 orang 14% belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,16. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui media audiovisual dengan variasi pembelajaran dalam pembelajaran Dribble permainan bola basket pada siswa Kelas X Multimedia 1 Smk Tritech Informatika Medan Tahun Ajaran 2016/2017
Copyrights © 2017