Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah
Vol 4, No 4: November 2016

IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU NURUL ISHLAH BANDA ACEH

Erna Supiani, Murniati, Nasir Usman. (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2016

Abstract

Abstract: The effective and efficient Qur’an learning management is a supporting factor to achieve the goal of learning the Qur’an in school in order to produce Qur’anic generation. The purpose of this study was to find out the planning, implementation, evaluation, and obstacles in learning the Qur’an in Nurul Ishlah Integrated Islamic Elementary School (SDIT Nurul Ishlah) of Banda Aceh.This study used descriptive method with qualitative approach. The techniques of data collection were interview, observation, and documentation. The subjects of this study were principal and Qur’an teachers in SDIT Nurul Ishlah.The results of the study were: (1) The planning was formulated by teachers based on the curriculum set by the school, but some teachers were not able to plan effectively in the learning. (2) The implementation of learning the Qur’an applied by SDIT Nurul Ishlah was in accordance with activities planned, the teachers gave motivation to the students by using various methods and learning media starting from beginning activity with praying and revising memorizationof the Qur’an classically. In main activity, the students performed their memorization to the teachers individually, then the students revised their memorization and learned the memorization of surah individually, and in final activity, the teachers gave motivation to the students to revise their memorization at home by showing motivation videos of children who love Qur’an. However, some students could not finish the tasks given by the teachers. (3) The evaluation was carried out by written exam and practice exam of reading and memorizing the Qur’an by assessing the quality of reciting, pronunciation, tajweed, and fluency, but some students could not perform their memorization fluently. (4) The obstacle faced by the teachers was the lack of motivation and interest of students to revise their memorization that made the learning quality was not improved.Keywords: Management, learning, and Qur’an Abstrak: Manajemen pembelajaran Al-Qur’an yang efektif dan efesien merupakan salah satu faktor pendukung tercapainya tujuan pembelajaran Al-Qur’an di sekolah untuk melahirkan generasi Qur’ani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan hambatan  pembelajaran Al-Qur’an pada sekolah SDIT Nurul Ishlah Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek  penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru Al-Qur’an pada SDIT Nurul Ishlah. Hasil penelitian: 1). Perencanaan yang disusun oleh guru sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan di sekolah, namun masih ada sebahagian guru yang belum mampu untuk merencanakan secara efektif dalam pembelajaran 2). Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an yang diterapkan di SDIT Nurul Ishlah sesuai dengan kegiatan yang telah direncanakan, guru memberi motivasi kepada peserta didik dengan menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran dari kegiatan awal dimulai dengan membaca dan muraja’ah Al-Qur’an secara klasikal. Pada kegiatan inti, peserta didik menyetor hafalannya secara individual kepada guru, kemudian peserta didik muraja’ah dan talaqqi hafalan surah-surah secara individual, dan kegiatan akhir guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengulang hafalannya dirumah dengan memperlihatkan video motivasi anak cinta Al-Qur’an, namun ada sebahagian peserta didik tidak mampu menyelesaikan tugas yang diberikan guru. 3). Evaluasi yang dilakukan melalui ujian tulis dan ujian praktik membaca dan menghafal Al-Qur’an dengan menilai kualitas bacaan hafalan, makharijul huruf, tajwid, dan kelancaran bacaan Al-Qur’an, namun sebahagian peserta didik belum mampu menyetor hafalan dengan lancar dan fasih.4). Hambatan yang dihadapi oleh guru adalah kurangnya motivasi dan minat peserta didik untuk mengulang kembali bacaan dan hafalan Al-Qur’an, sehingga tidak meningkatnya kualitas pembelajaran.Kata kunci: Manajemen, pembelajaran, dan Al-Qur’an

Copyrights © 2016