Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah
Vol 5, No 3: Agustus 2017

STUDI EVALUATIF TENTANG KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN ACEH SELATAN DALAM REKRUTMEN CALON GURU TINGKAT SEKOLAH MENENGAH TAHUN 2014

Wilya Murti, Murniati AR, Niswanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2018

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to explore government policy in South Aceh in 2014 for: (1) a recruitment program; (2) mechanisms and strategies in recruitment of prospective teachers; and (3) the obstacles encountered in the recruitment process. This study uses a qualitative approach and descriptive method. Subjects are Regional Secretary, Head of Human Resources, the Selection Committee, and the principal of South Aceh District Government. The results show that: (1) Government policy on teachers’ recruitment program in South Aceh district in 2014 is a follow-up program set by the central government.The recruitment is based on the recruitment program of civil servant candidates implemented under the existing provisions, in recruitment system, neededformation (vacancies) and etc.; (2) Recruitment mechanisms are conducted through several stages, namely recruitment announcement, the file collection, file preparedness announcements, recruitmenttests, results announcement, and the publication of the decree. Meanwhile, strategy used in determining the candidate qualification of accredited Teacher Training Institutions (LPTK) is by using Computer Assisted Test (CAT); and (3) The obstacles encountered in determining the recruitment of teachers are lackingof facilities to conduct testsusing computerized systems, weak internet signal and poor human resource skills in operating computers. Keywords: Evaluative Study, Policies, Recruitment, and Teacher CandidatesAbstrak: Kebijaksanaan adalah kearifan yang dimiliki oleh seseorang, sedangkan kebijakan adalah aturan tertulis hasil keputusan formal organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebijakan  pemerintah Aceh Selatan  tahun 2014, yaitu: (1) program kebijakan dalam perekrutan guru; (2) mekanisme dan strategi terhadap perekrutan guru; dan (3) kendala-kendala yang dijumpai dalam penentuan perekrutan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan  kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah: Sekretaris Daerah, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan, Panitia Seleksi, dan Kepala Sekolah/guru  pada Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) program  kebijakan pemda  dalam  perekrutan guru di Kabupaten Aceh Selatan tahun 2014 merupakan program tindak lanjut kebijakan yang telah ditetapkan pusat, yaitu perekrutan CPNS yang dilaksanakan berdasarkan ketentuan yang telah ada, baik itu sistem perekrutan, formasi yang dibutuhkan; (2) mekanisme perekrutan adalah: melalui tahapan pengumuman, pengumpulan berkas, penyeleksian berkas, pengumuman kesiapan berkas, tes, dan pengumuman kelulusan, serta pemberian SK. Sedangkan strategi yang dilakukan adalah:  menentukan kualifikasi lulusan PTK yang terakreditasi dengan  menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT); (3) kendala-kendala yang dihadapi dalam penentuan perekrutan calon guru adalah: kurangnya sarana pendukung untuk mengikuti tes dengan sistem komputerisasi, di samping sinyal internetnya yang lemah dan kemampuan sumber daya personil dalam menggunakan komputer masih rendah.Kata kunci: Studi Evaluatif, Kebijakan, Rekrutmen, dan Calon Guru

Copyrights © 2017