Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah
Vol 5, No 2: Mei 2017

KINERJA GURU SERTIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 2 TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH

Sengeda, Murniati AR, Nasir Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2017

Abstract

Abstract : Teachers are main component in bulding quality of education process and education outcome. The approach used in this study was descriptive naturalistic approach with qualitative data. Technique of data collection was feeld research. Subjects of this study were certified teachers, principal, and vice principal in curriculum. The result of the study showed that: (1) The ability of teacher certification in the planning and implementation of learning begins with analyzing the learning goals or indicators of learning based on standards of competence and basic competence, the implementation of learning , assessment instruments adapted to the purpose/learning indicators. (2) Certified teachers’ commitment reflected through their discipline and responsibility in running their duties such as come and leave the school on time, perfect attendance, build a good relationship with other colleagues and students. (3) certified teachers have high motivation in running their duties on learning process in school, have motivation to guide students, and have a good plan in running and implementing their duties.Keywords : Performance of certified, teachers, and learningAbstrak : Guru merupakan komponen yang sangat berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang bermutu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu naturalistik, bersifat deskriptif dengan jenis data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tehnik Field Research (penelitian lapangan). Subjek dalam penelitian ini adalah guru sertifikasi, kepala sekolah, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan guru sertifikasi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran diawali dengan menganalisis pembelajaran tujuan atau indikator pembelajaran yang berdasarkan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD), pelaksanaan pembelajaran, instrumen penilaian yang disesuaikan dengan tujuan/indikator pembelajaran. (2) Komitmen guru sertifikasi tergambar dari kedisiplinan dan tanggung jawab guru dalam melaksanakan tugasnya, seperti datang dan meninggalkan sekolah sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, tingkat kehadiran yang tinggi, membina hubungan yang baik dengan rekan sejawat maupun dengan peserta didik. (3) Guru sertifikasi memiliki motivasi yang tinggi dengan melaksanakan tugasnya dalam proses belajar mengajar di kelas maupun dalam lingkungan sekolah, termotivasi untuk membimbing peserta didik, perencanaan yang baik sangat membantu pelaksanaan dan melaksanakan tugas.Kata kunci: kinerja guru, sertifikasi, dan pembelajaran

Copyrights © 2017