Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah
Vol 4, No 4: November 2016

KORELASI KINERJA DAN MOTIVASI KERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMA NEGERI KOTA SIGLI KABUPATEN PIDIE

Nilawati, Yusrizal, Khairuddin. (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2016

Abstract

Abstract: Performance and teachers’ motivation is two of the factors to enhance students’ achievement. The purpose of this study was to determine the correlation of performance, teachers’ work motivation and students' achievement in senior high schools (SMA) of Sigli Pidie Regency. This research method of this studywas descriptive  method with quantitative approach. The population and sample in thissudywere the teachers teaching social science as many as 36 respondents and 102 students. The data were collected by using a questionnaire and analyzed by using t-test for both variables and test of the median extension to three variables. The Results of the analysis of t-test showed that the performance variable (X 1) simultaneously correlated (correlation) significantly with students’ achievement at SMA of Sigli, Pidie Regency, and work motivation of teachers (X 2) simultaneously correlated (correlation) significantly with students’ achievement at SMA of Sigli,Pidie Regency,and performance variables (X 1) and work motivation of teachers (X2) simultaneously correlated (correlation)significantly with students’ achievement at SMA ofSigli,Pidie regency because Chi-Square of count was greater than the Chi-Square of tables (4.81 3,841).Keywords: Performance, Teachers’ Work Motivation and Students’ Achievement Abstrak: Kinerja dan motivasi kerja guru merupakan salah satu faktor terwujudnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi kinerja dan motivasi kerja guru dengan prestasi belajar siswa pada SMA Negeri Kota Sigli Kabupaten Pidie.  Metode penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru bidang studi IPS yaitu sebanyak 36 orang dan siswa sebanyak 102 Orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dianalisis dengan  menggunakan uji t-test untuk kedua variabel dan test median extension untuk ketiga variabel. Hasil analisis uji t-test menunjukkan bahwa variabel kinerja (X1) secara serempak memiliki korelasi (hubungan) yang signifikan dengan prestasi belajar siswa pada SMA Negeri Kota Sigli Kabupaten Pidie, dan variabel motivasi kerja guru (X2) secara serempak memiliki korelasi (hubungan) secara signifikan dengan prestasi belajar siswa pada SMA Negeri Kota Sigli Kabupaten Pidie serta variabel kinerja (X1) dan motivasi kerja guru (X2) secara serempak memiliki korelasi (hubungan) yang signifikan dengan prestasi belajar siswa pada SMA Negeri Kota Sigli Kabupaten Pidie karena Chi Kuadrat hitung lebih besar dari Chi Kuadrat tabel (4,813,841).Kata Kunci : Kinerja, Motivasi Kerja Guru dan Prestasi Belajar Siswa

Copyrights © 2016