Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah
Vol 5, No 1: Februari 2017

PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH

Yenniyar, Nasir Usman, Niswanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2017

Abstract

Abstrak: Supervisi pendidikan merupakan upaya pembinaan kepala sekolah kepada guru, dan guru bimbingan konseling di sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di sekolah. Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui 1) Proses penyusunan program supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru bimbingan konseling, 2) Pelaksanaan program supervisi pendidikan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru bimbingan konseling, dan 3) Tindak lanjut kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi pendidikan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru bimbingan konseling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru bimbingan konseling. Hasil penelitiannya menunjukan bahwa: 1) Program supervisi kepala SMP Negeri 8 Banda Aceh disusun di awal semester setiap tahun ajaran dengan mengikutsertakan wakil kepala sekolah, guru bimbingan konseling, serta guru bidang studi. Program supervisi mencakup kegiatan pembinaan dan bimbingan profesional guru serta pelatihan bagi guru yang disesuaikan dengan bidangnya. 2) Pelaksanaan supervisi kepala SMP Negeri 8 Banda Aceh mengikuti program yang telah disusun, teknik yang digunakan adalah melalui rapat guru, observasi kelas dan percakapan pribadi. Khusus untuk teknik observasi kelas sudah menggunakan panduan observasi, namun kuantitas pada pelaksanaannya belum maksimal. 3) Tindak lanjut pelaksanaan supervisi kepala SMP Negeri 8 Banda Aceh  diobservasikan melalui pembicaraan individual, pemberian saran, pembinaan, serta membimbing guru bimbingan konseling dengan fokus untuk pelaksanaan kegiatan yang lebih baik, namun kepala sekolah tidak sepenuhnya memahami program bimbingan konseling. Kata Kunci: Supervisi Pendidikan, Kepala Sekolah dan Bimbingan KonselingAbstract: Education supervision constitutes efforts made by school principals on teachers, counsellors, and other educational staff at school in order to improve the quality of teaching and learning. The purpose of this study was to find out 1) the process of supervision planning development of the school principal to improve the professionalism of school counsellors, 2) the implementation of education supervision program by the school principal to improve the professionalism of school counsellors, 3) the follow up by the school principal in the implementation of education supervision to improve the professionalism of school counsellors. This is a descriptive study using qualitative approach. Data were collected through observation, interviews and documentation. The subjects of the research were the school principal, the vice principals, and the school counsellors. The results of the research show that 1) supervision program for teachers was developed at the beginning of the semester involving vice principals, school counsellors, and other subject teachers. 2) The implementation of the supervision followed the plan that had been developed. The supervision techniques include teachers’ meeting, classroom observation, and one-on-one conversation. There was observation guide during classroom observation, however, it was not fully used because sometimes during the supervision school counsellors were not in classrooms for health reason, or on other school related agenda. 3) The follow up of supervision was done by giving feedback to the observed school counsellors through one-on-one conversation with the focus of a better activity implementation.Keywords: Education Supervision, School Principal, and School Counseling

Copyrights © 2017