Jurnal Pelita Bangsa Pelestari Pancasila
Vol 10, No 2 (2015)

TEORI BELAJAR ALIRAN BEHAVIORISTIK SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN IMPROVISASI JAZZ

', IRWAN (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2016

Abstract

Tulisan ini bermaksud menjelaskan implikasi teori belajar behavioristik terhadap pem-belajaran improvisasi jazz. Menurut teori behavioristik, belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon. Dengan kata lain, belajar merupakan bentuk perubahan yang dialami mahasiswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon. Jazz adalah musik yang mencakup kualitas seperti berayun, improvisasi, interaksi kelompok. Pada musik jazz dalam melakukan improvisasi dikenal dengan istilah “pancingan”. Salah satu pemain melakukan semacam stimulus terhadap pemain yang lain untuk melakukan perubahan style maupun perubahan modus. Dengan stimulus yang berulang-ulang, maka pemain yang lain dengan spontan melakukan respon.

Copyrights © 2015