Salah satu program KB yang sedang digalakkan oleh BKBPPPA Kota Prabumulih adalah program KB bagi kaum laki-laki. Program KB untuk kaum laki-laki ini diharapkan dapat membantu dalam menekan angka kelahiran. Kampanye sosial dalam mensoialisasikan program KB kepada kaum laki-laki yang dilaksanakan selama inibelum menunjukkan hasil yang nyata. Permasalahannyaantara lain kurangnya partisipasi khalayak karena tidaktepatnya strategi yang digunakan. Strategi harusnyadisusun sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiksasaran serta mempertimbangkan berbagai faktor yangberpengaruh nyata terhadap tingkat partisipasinya. Untuk meningkatkan akseptor KB pria yang menggunakan MOP maka BKBPPPA Kota Prabumulih menggunakan strategi personal selling atau motivator KB untuk mengkampanyekan MOP kepada kaum pria. Penggunaan strategi ini lebih efektif dan efesien karena motivator dalam mengkampanyekannya melalui pendekatan persuasif dan sistem multiple level marketing yaitu sistem reward bagi mereka yang dapat membawa calon akseptor dan mereka bersedia mau menjadi akseptor MOP. Namun, yang menjadi kendala adalah pemahaman masyarakat bahwa penggunaan vasektomi dilarang agama. Kata Kunci: KB, MOP, vasektomi, motivator KB
Copyrights © 2016