Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi)
Vol 10, No 2 (2016): Pengetahuan dan Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat

Pemasaran Sosial “Vasektomi” Pada Pria

Rudy Kurniawan (Jurusan Sosiologi FISIP Universitas Sriwijaya Jl. Palembang-Prabumulih KM.32 Kab. Ogan Ilir Indralaya)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2016

Abstract

Salah satu program KB yang sedang digalakkan oleh BKBPPPA Kota Prabumulih adalah program KB bagi kaum laki-laki. Program KB untuk kaum laki-laki ini diharapkan dapat  membantu dalam menekan angka kelahiran. Kampanye sosial dalam mensoialisasikan program KB kepada kaum laki-laki yang dilaksanakan selama inibelum menunjukkan hasil yang nyata. Permasalahannyaantara lain kurangnya partisipasi khalayak karena tidaktepatnya strategi yang digunakan. Strategi harusnyadisusun sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiksasaran serta mempertimbangkan berbagai  faktor  yangberpengaruh  nyata  terhadap  tingkat  partisipasinya. Untuk meningkatkan akseptor KB pria yang menggunakan MOP maka BKBPPPA Kota Prabumulih menggunakan strategi personal selling   atau motivator KB untuk mengkampanyekan MOP kepada kaum pria. Penggunaan strategi ini lebih efektif dan efesien karena motivator dalam mengkampanyekannya  melalui  pendekatan  persuasif  dan  sistem  multiple level marketing yaitu sistem reward bagi mereka yang dapat membawa calon akseptor dan mereka bersedia mau menjadi akseptor  MOP. Namun, yang menjadi kendala adalah pemahaman masyarakat bahwa penggunaan vasektomi dilarang agama. Kata Kunci: KB, MOP, vasektomi, motivator KB

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JSU

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences Other

Description

Jurnal Sosiologi USK (JSU) mengundang para Dosen, Praktisi dan Peneliti untuk mempublikasikan naskahnya pada JSU yang terbit setiap bulan Juni dan Desember setiap ...