BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya
Vol 1, No 1 (2017)

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERMUATAN MOTIVASI BERPRESTASI UNTUK SISWA KELAS XI SMA

Ruli Andayani (Universitas Negeri Malang)
Yuni Pratiwi (Universitas Negeri Malang)
Endah Tri Priyatni (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2017

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mewujudkan bahan pembelajaran yang memiliki relevansi dengan kebutuhan belajar dan psikologis siswa. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan modul pembelajaran menulis bermuatan motif berprestasi untuk siswa kelas XI SMA/sederajat. Sebagai bahan belajar mandiri, modul berisi empat bagian utama: motivasi menulis cerpen, kegiatan memahami konsep diri, latihan menulis secara bertahap, dan kegiatan tindak lanjut. Modul dikembangkan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Prosedur yang dilakukan terbagi dalam empat tahap utama, yakni studi pendahuluan, pengembangan draf modul, dan validasi kepada ahli dan praktisi, dan uji keefektifan.

Copyrights © 2017