Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 3 No 1 (2015): Vol 3, No 1, 2015

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIKS TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN EKSPLORASI PESERTADIDIK

Mawarni Mawarni (Unknown)
Santih Angraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kreatif dan eksplorasi peserta didik kelas VII MTsN Model Makassar sekaligus untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan eksplorasi antara peserta didik yang menerapkan model pembelajaran sinektiks dengan peserta didik yang tidak menerapkan model pembelajaran sinektiks. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dan menggunakan desain Non Equivalent Control Group Desain. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa instrumen tesdanobservasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji “t” Independent. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasilkemampuanberpikirkreatifdenganmengguunakan model sinektiksberadadalamkategoribaikdanhasileksplorasidenganmenggunakan model sinektiksinijugaberadadalamkategoribaik. Sedangkan hasil inferensial yaitu T tabel˂ Thitungsehingga terdapat terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan eksplorasi antara peserta didik yang menerapkan model pembelajaran sinektiks dengan peserta didik yang tidak menerapkan model pembelajaran sinektiks

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...