Jurnal Studi Pemuda
Vol 4, No 1 (2015): PEMUDA KEWARGAAN DAN TIK

Menertawakan Politik: Anak Muda, Satire dan Parodi dalam Situs Mojok.co

Wisnu Prasetya Utomo (Departemen Ilmu Komunikasi FISIPOL Universitas Gadjah Mada Remotivi. Jakarta, pusat kajian budaya dan media www.pindai.org)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2018

Abstract

Ketika konglomerat media berhasil membuat pesan media menjadi homogen dan mengabaikan kepentingan umum, kemuncula teknologi internet membuka kemungkinan akan kemunculan media alternatif. Keadaan ini kemudian menciptakan banyak media alternatif seperti Mojok.co. Meskipun awalnya media ini tidak sengaja dibuat sebagai media satire, dalam perkembangannya Mojok.co menjelma menjadi medium yang mempelopori penulisan satir di Indonesia. Mojok.co yang dikelola oleh para penulis muda yang antusias menunjukan bahwa generasi millenial yang selama ini dianggap apolitis, ternyata mampu merespon isu-isu sosial dan politik dengan gaya komunikasi mereka sendiri.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jurnalpemuda

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Studi Pemuda is a pioneer of youth studies journal in Indonesia. Jurnal Studi Pemuda aims to facilitate academic, practical, and policy discussions on youth issues from a variety of perspectives. Jurnal Studi Pemuda aims to raise critical and alternative discourse in youth studies in ...