Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol 4, No 1 (2016)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GRAFIK FUNGSI EKSPONEN DI KELAS X MIA 6 SMAN 4 PALU

Saroinsong, Jein (Unknown)
Ali, H. M. Tawil Made (Unknown)
Murdiana, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan pendekatan santifik yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi grafik fungsi eksponen di kelas X MIA 6 SMAN 4 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan hasil belajar pada materi grafik fungsi eksponen mengikuti langkah-langkah yaitu: (1) mengamati, (2) menanya, (3) menalar, (4) mencoba, dan (5) mengkomunikasikan.Kata Kunci: Pendekatan saintifik; hasil belajar; grafik fungsi eksponen.

Copyrights © 2016