Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol 2, No 3 (2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANAWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS

Ramdhani, Nurul Fitra (Unknown)
Murdiana, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Banawa pada materi persamaan garis lurus. Jenis penelitan ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I dengan materi persamaan garis lurus yang melalui satu titik dengan gradien tertentu dan siklus II dengan materi persamaan garis lurus yang melalui dua titik sebarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Banawa pada materi persamaan garis lurus, mengikuti fase-fase, yaitu (1) pemberian orientasi, (2) think, (3) pair, (4) share, dan (5) penghargaan.Kata kunci: Think pair share, hasil belajar, garis lurus.

Copyrights © 2015