Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol 2, No 3 (2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMPN 3 PALU PADA MATERI BELAH KETUPAT DAN LAYANG-LAYANG

Ilham, Ilham (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2017

Abstract

 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran  think pair share untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VII SMPN 3 Palu pada materi belah ketupat dan layang-layang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I dengan materi keliling dan luas belah ketupat dan siklus II dengan materi keliling dan luas layang-layang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi belah ketupat dan layang-layang melalui tahapan: (1) thinking, (2) pairing, (3) sharing. Data yang di kumpulkan dalam penelitian ini melalui lembar observasi, catatan lapangan, hasil tes siswa dan wawancara. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk paparan naratif. Kata kunci:  Model Pembelajaran Think Pair Share, Pemahaman Siswa, Belah Ketupat, Layang-layang.

Copyrights © 2015