Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran langsung dengan bantuan teknik mnemonik untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan trigonometri di kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMKN 1 Parigi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu perencanaa, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMKN 1 Parigi yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 26 orang siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung dengan bantuan teknik mnemonik yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan trigonometri di kelas X TKJ SMKN 1 Parigi yaitu dengan mengikuti fase-fase sebagai berikut: 1) fase menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa,2) fase mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan, 3) fase membimbing pelatihan, 4) fase mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik,5) fase memberikan kesempatan pelatihan lanjutan dan penerapan.Katakunci: pembelajaran langsung; mnemonik; hasil belajar; perbandingan trigonometri.
Copyrights © 2016