AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2014)

PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMODELAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK SISWA KELAS VIII SMP

Selvia, Febi Renico (Unknown)
Darmawijoyo, Darmawijoyo (Unknown)
Yusuf, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2014

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa selama pembelajaran pemodelan matematika menggunakan pendekatan konstruktivisme dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa setelah mengikuti pembela­jar­an pemodelan matematika menggunakan pendekatan konstrukti­visme di kelas VIII SMP. Subjek penelitian ini adalah  siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 5 Palembang tahun pelajaran 2013/2014  yang berjumlah 36 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, video rekaman, dan wawancara. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pemodelan matematika menggunakan  pendekatan konstruktivisme berkategori baik dengan rata-rata sebesar 71,30 dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diperoleh sebesar 74,54 juga berkategori baik.Kata-kata kunci:  pemodelan matematika, konstruktivisme

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

AKSIOMA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Terbit pada bulan Maret dan September setiap tahun serta nomor suplemen bila dimungkinkan. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analisis kritis di bidang pendidikan matematika dan atau ...