Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan

SISTEM MONITORING DAN PERINGATAN DINI KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN GAMBUT BERBASIS ARDUINO DENGAN ANTARMUKA WEBSITE DAN SHORT MESSAGE SERVICE (SMS)

, Irma Nirmala, Tito Suhendra Leven , Tedy Rismawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2017

Abstract

Kebakaran hutan dan lahan gambut yang terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir berdampak secara nyata terhadap kondisi lingkungan. Hal tersebut mengakibatkan ribuan hektar hutan dan lahan gambut rusak, terganggunya kelestarian flora, fauna dan munculnya berbagai gangguan kesehatan. Untuk itu diperlukan sebuah alat untuk memantau kebakaran dini hutan dan lahan gambut dengan mengukur suhu, kelembaban, dan asap yang terjadi. Untuk mengukur tingginya suhu dan kelembaban udara, menggunakan sensor DHT11, sedangkan untuk mengukur ada atau tidak ada asap menggunakan sensor MQ7. Sensor asap MQ7 akan membaca data 0 bila tidak mendeteksi asap dan membaca data 1 bila mendeteksi adanya asap. Pengujian alat dilakukan dengan mengukur suhu, kelembaban, dan asap yang hasilnya akan ditampilkan pada antarmuka website dan SMS. Berdasarkan pengujian dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sistem monitoring  sudah dapat bekerja. Suhu rata-rata yang terdeteksi adalah 31,80°C dan kelembaban rata-rata yang terdeteksi adalah 66,46%. Untuk persentasi perhitungan error pengukuran suhu sebesar ±0,17%, dan untuk persentasi perhitungan error pengukuran kelembaban sebesar ±2,94%.Kata Kunci : Kebakaran Hutan, DHT11, MQ7, SMS, Website.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jcskommipa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor ...