JRMA (Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi)
Vol 2, No 2 (2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LUAS PENGUNGKAPAN SUKARELA (VOLUNTARY DISCLOSURE) (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Listed di BEI Tahun 2011-2012)

Rahayu, Santy (Universitas Katolik Widya Mandala Madiun)
Rustiyaningsih, Sri (Universitas Katolik Widya Mandala Madiun)
Purbandari, Theresia (Universitas Katolik Widya Mandala Madiun)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2016

Abstract

Pengungkapan sukarela (voluntary disclosure) merupakan pengungkapan yang diberikan perusahaan sebagai tambahan dari pengungkapan wajib yang disyaratkan Bapepam. Pengungkapan sukarela laporan tahunan perusahaan diperlukan oleh pihak-pihak pengguna, khususnya stakeholder untuk menganalisis kinerja perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ukuran (size) perusahaan, leverage, porsi kepemilikan publik, likuiditas, profitabilitas, umur, dan kualitas audit terhadap pengungkapan sukarela. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listed di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2012. Jumlah sampel yang digunakan adalah 55 laporan tahunan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pengungkapan sukarela yang dilakukan perusahaan sampel masih relatif cukup rendah yaitu 38,48%. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. Hasil dari analisis regresi berganda dengan SPSS 17.0 menunjukkan bahwa variabel ukuran (size) perusahaan dan porsi kepemilikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan sukarela. Sedangkan variabel leverage, likuiditas, profitabilitas, umur perusahaan, dan kualitas audit tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sukarela.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jrma

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi (JRMA) dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. JRMA mempublikasikan artikel-artikel di bidang Manajemen dan Akuntansi, penulis (author) terbuka untuk umum. JRMA terindeks dalam: Google Scholar, IPI, Indonesia ...