Edukasi: Jurnal Pendidikan
Vol 16, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan

PENGARUH MODEL PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PEWARISAN SIFAT

Duda, Hilarius Jago (Unknown)
Adibah, Fitri Hamiani (Unknown)
Syafruddin, Didin (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IX SMPN 3 Silat Hilir pada materi Pewarisan Sifat. Metode penelitian adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequevalent Control Group. Sampel yang digunakan ada dua kelas dengan jumlah siswa perkelas adalah 24. Alat pengumpul data adalah lembar observasi, soal tes, dan angket. Analisis data dengan anlisis statistik dan persentase. Rata-rata persentase hasil observasi pada kelas eksperimen adalah 95,30% dan dan kelas kontrol 97,16% keduanya masuk dalam kategori “baik”. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 77,50. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 58,12. Data hasil angket diperoleh persentase sebesar 75% masuk dalam kategori “baik”. Setelah dilakukan uji hipotesis diperoleh nilai thitung 2,45 lebih besar dari ttabel 2,01, sehingga Ho ditolak. Jadi penerapan model pembelajaran Probing Prompting berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu khususnya materi pewarisan sifat.Kata Kunci: Probing Prompting, hasil belajar, kognitif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, ...