CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Vol. 6 No. 2 (2018): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya (Maret)

PENGARUH SIKAP MACHIAVELLIANISM DAN SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PERILAKU TAX AVOIDANCE YANG DILAKUKAN OLEH WAJIB PAJAK DI INDONESIA (JAWA TENGAH DAN JAWA TIMUR)

Aditya Santoso Gunawan (Jurusan Magister Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya)
Dedhy Sulistiawan (Jurusan Magister Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkonfirmasi hipotesis dari peneliti, dimana faktor internal seperti Machiavellianism dan faktor eskternal seperti social responsibility diindikasikan memeiliki signifikansi dari perilaku tax avoidance yang dilakukan oleh wajib pajak khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur dimana dari penelitian terdahulu di luar negeri terdapat fakta bahwa social responsibility dan machiavellianism cenderung memiliki korelasi negatif Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dan termasuk ke dalam basic research, dimana penelitian ini berfungsi untuk menguji teori atas hipotesa yang telah dibuat peneliti mengenai bagaimana kaitan antara social responsibility dan machaivellianism dengan tax avoidance dimana penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuisioner Dalam kehidupan sosial , adanya faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perilaku seseorang, salah satunya perilaku mengenai Tax Avoidance. Faktor internal yaitu Machiavellianism dimana perilaku ini cenderung merugikan orang lain serta faktor eksternal yaitu social responsibility dimana perilaku ini cenderung terbentuk karena lingkungan sekitar. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa semakin tinggi tingkat Machiavellianism maka semakin tinggi orang untuk melakukan tax avoidance, sedangkan semakin tinggi tingkat social responsibility maka seseorang cenderung untuk melakukan tax avoidance. Hal ini agak unik karena di Indonesia adanya ketidakpercayaan terhadap birokrasi pemerintahan yang cenderung korup membuat adanya kompensasi perilaku tanggung jawab sosial ke bidang lainnya selain pajak.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jimus

Publisher

Subject

Education

Description

CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya merupakan kumpulan artikel yang ditulis oleh mahasiswa Universitas Surabaya. ISSN ...