Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan Quality Assurance terhadap perannya yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada jurusan akuntansi FBE UBAYA, yang dinilai dari persepsi Quality Assurance, dosen, mahasiswa, dan juga asisten, dari produk yang dibuatnya yaitu kuesioner evaluasi pembelajaran online. Metode pengambilan data yaitu dengan wawancara dan analisis dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa Quality Assurance tidak memberikan peran yang signifikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada jurusan akuntansi FBE UBAYA, dikarenakan ketidakefektifan dalam kegiatan penjaminan mutu untuk kualitas pembelajaran dari proses evaluasi pembelajaran, dan karena kualitas pembelajarannya sendiri yang masih belum diserap seluruhnya oleh Quality Assurance. Rekomendasi yang diberikan yaitu merubah isi dari kuesioner melalui desain dengan meminta feedback yang terkait pada dosen, lalu juga meningkatkan pengambilan data dan juga sosialisasi, distribusi dokumen kepada pihak yang memerlukan agar Quality Assurance bisa mendapatkan informasi yang lebih relevan dan komplit, dan juga penerapan sistem reward dan punishment untuk meningkatkan kinerja dosen.
Copyrights © 2014