Informatika Mulawarman
Vol 11, No 2 (2016): Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Pengaruh Kesesuaian Teknologi Terhadap Tugas Terhadap Kinerja Individu Pada Generasi Baby Boomers (1945-1964) Dalam Menggunakan Teknologi Informasi (Studi Kasus : Universitas Mulawarman)

Putut Pamilih Widagdo (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2016

Abstract

Perkembangan teknologi yang berkembang pesat menyebabkan Generasi Baby Boomers (1945 – 1964) memiliki persepektif, pemikiran, ide yang berbeda dalam menggunakan teknologi informasi untuk menyelesaikan pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan membuktikan hubungan faktor kesesuaian teknologi terhadap tugas (task technology fit) yang mempengaruhi penggunaan (utilization) dan dampaknya terhadap kinerja individu (individual performance) pada Generasi Baby Boomers dalam menggunakan teknologi informasi di Organisasi. Penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM dengan melibatkan 54 responden dari Generasi Baby Boomers di Universitas Mulawarman dan data diolah menggunakan SmartPLS versi 3.2. Hasil penelitian menunjukkan secara empiris model mampu menjelaskan 60,7% dari varians kinerja individu pada generasi Baby Boomers (1945-1964) dalam menggunakan teknologi informasi di Universitas Mulawarman. Hasil penelitian membuktikan faktor kesesuaian teknologi terhadap tugas (task technology fit) merupakan faktor yang mempengaruhi generasi baby boomers dalam penggunaan layanan teknologi informasi di Universitas Mulawarman. faktor kesesuaian teknologi terhadap tugas (task technology fit) merupakan faktor yang memiliki hubungan positif berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja individu (individual performance) pada generasi baby boomers dalam menggunakan layanan teknologi informasi di Universitas Mulawarman.  Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa semakin baik kesesuaian teknologi informasi terhadap tugas-tugas pengguna pada generasi baby boomers di Universitas Mulawarman, maka mempengaruhi dalam meningkatkan penggunaan teknologi informasi. Namun untuk penggunaan tidak berpengaruh terhadap kinerja kinerja individu pada generasi baby boomers. Hal ini karena generasi baby boomers tidak selalu berhubungan langsung dengan penggunaan teknologi informasi dan lebih bersifat manual seperti pengambilan keputusan, belajar pembelajaran, surat-menyurat, tanda tangan, mengajar, laboratorium, bidang-bidang non-TI.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal Informatics Mulawarman Is a means for researchers in the field of computer science to publish his research works. First published in 2007 with a two-yearly published period in February and September. Editorial Board Informatika Mulawarman consists of lecturers of computer science in the ...