Optimum : Jurnal Ekonomi dan Pembangunan
Vol 8, No 1 (2018)

ANALSIS PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN HAND PHONE MELALUI E-COMMERCE MOBILE APPLICATION

Mardi Putra, Hamzah Muhammad ( STIE PELITA BANGSA)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2018

Abstract

Terjadi peningkatan pembelian mobile phone melalui e-commerce mobile applications. Faktor perilaku dari konsumen seperti Manfaat Aplikasi, Kemudahaan Penggunaan, Kompatibilitas, Sikap Konsumen terhadap Pembelian Handphone melalui Mobile Apps mempengaruhi Kepuasan Konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan perilaku konsumen terhadap pembelian handphone melalui e-commerce mobile application. Metode yang digunakan adalah integrasi TAM (Technology Acceptance Model) dan IDT (Innovation Diffution Technology) yaitu menghubungkan Kegunaan, Kemudahan Penggunaan dan Kompatibilitas dengan Sikap terhadap Penggunaan dan Kepuasan Konsumen. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling dengan cara purposive sampling dan snonwbowling. Jumlah sampel sebanyak 120 responden. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dari Kegunaan, Kemudahan Penggunaan dan Kompatibilitas terhadap Sikap pada Penggunaan Mobile Application. Kegunaan tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen. Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen. Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif terhadap Kegunaan aplikasi Mobile. Sikap berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen. Kata Kunci: Perilaku Konsumen, e-commerce, Mobile Phone, Mobile Application

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

OPTIMUM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL OPTIMUM adalah jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta yang terbit dua kali dalam satu tahun yaitu setiap Maret dan September. Jurnal OPTIMUM memuat artikel penelitian bidang Ekonomi Pembangunan, Manajemen, dan Akuntansi yang ditulis oleh dosen, alumni, ...