JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN INDONESIA
Vol 6, No 2: OKTOBER 2014

MELALUI PELATIHAN DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013 DI SMAN 1 KLUET UTARA ACEH SELATAN

Purnama, Muhammad Siddiq Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2017

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru matematikamelaksanakan pembelajaran dalam kurikulum 2013 melalui pelatihan di SMA Negeri 1 KluetUtara Aceh Selatan. Untuk menjawab permasalahan penelitian, diajukan hipotesis yaitu:pemberian pelatihan dapat meningkatkan kemampuan guru matematika SMAN 1 Kluet Utaramelaksanakan pembelajaran dalam kurikulum 2013.Subjek penelitian ini terdiri dari 5 orangguru matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian pelaksanaanpembelajaran kurikulum 2013. Guru dianggap berhasil jika mencapai nilai dalam rentangkategori baik sesuai kriteria keberhasilan yang sudah ditetapkan.Prosedur yang dilakukandalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yangbersifat daur ulang atau siklus. Hasil tahap observasi pada siklus ke satu yang sudah sesuaidengan kriteria keberhasilan dipertahankan atau ditingkatkan lagi. Hasil dalam tahap observasiyang belum sesuai kriteria keberhasilan akan diperbaiki pada siklus ke dua. Penelitian inidilakukan dalam dua siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian pelatihanterhadap guru matematika SMA Negeri 1 Kluet Utara ternyata dapat meningkatkankemampuan guru matematika melaksanakan pembelajaran dalam kurikulum 2013. Hal initerlihat dari perbandingan hasil dalam tahap observasi pada siklus I dan siklus II. Pada hasilpenilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I guru memperoleh nilai 3,71 dan pada siklusII menjadi 4, 63 atau meningkat sebesar 92 poin. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwakemampuan guru matematika melaksanakan pembelajaran dalam kurikulum 2013 dapatditingkatkan melalui pelatihan.

Copyrights © 2014