Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 35, No 1 (2018): April 2018

EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Listiani, Ivayuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas lembar kerja untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif.  Desain penelitian adalah Posttest Only Control Group Design dengan menggunakan lembar kerja mahasiswa pada kelompok eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester 5 program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Madiun tahun akademik 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, sehingga diperoleh semseter 5 kelas D sebagai kelompok eksperimen dan semester 5 kelas F sebagai kelompok kontrol.  Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay, lembar observasi, serta dokumen akademik. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig. 0,000 hal ini dapat disimpulkan bahwa lembar kerja efektif untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues ...