Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar khususnya materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas V SDN Doda. Tehnik pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru, siswa, dan hasil evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Doda yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus tiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan dengan prosedur pelaksanaan, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I adalah 67,50% dengan kreteria keberhasilan kurang dan pada siklus II meningkat menjadi 89,16% dengan kreteria keberhasilan baik. Sementara itu, hasil observasi aktifitas guru pada siklus I adalah 70,83% dengan kreteria keberhasilan cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 91,66% dengan kreteria keberhasilan sangat baik. Dari analisis tes akhir tindakan terlihat bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sisswa, dengan presentase ketuntasan pada siklus I yaitu 64% dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 77%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sistem pernapasan pada manusia kelas V SDN Doda Tahun pelajaran 2013/2014 Kata Kunci  :  Hasil Belajar, Media Gambar
Copyrights © 2017