Jurnal Ilmiah KOMPUTASI
Vol 17, No 2 (2018): Juni

Purwarupa Digital Masjid Agung Banten dengan Teknik Virtual Realiti Berbasis Desktop Sebagai Upaya untuk Menjaga Kelestarian Peninggalan Budaya Banten

Miftah Andriansyah ( Sekolah Tinggi Teknik Multimedia Cendikia Abditama)
Hadi Rahmadi ( Sekolah Tinggi Teknik Multimedia Cendikia Abditama)
Antonius Irianto Sukowati ( Sekolah Tinggi Teknik Multimedia Cendikia Abditama)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2018

Abstract

Masjid Agung Banten merupakan salah satu penginggalan bersejarah dari Kesultanan Banten yang dibangun pada masa kejayaannya. Dewasa ini, banyak terdapat peninggalan-peninggalan bersejarah yang sudah hancur pada masa lampau dan tidak terdokumentasi dengan baik, sehingga mungkin  akan sulit bagi generasi yang akan datang untuk mengetahui tentang budaya leluhurnya. Masjid Agung Banten yang merupakan satu-satunya bangunan utuh yang tersisa pada situs sejarah Banten Lama dapat dibuat dalam bentuk digital dan ditampilkan dengan tampilan tiga dimensi (3D) menggunakan teknik extit{virtual reality}(VR) sebagai dokumentasi digital sekaligus menjadi sumber informasi menarik tanpa harus berada langsung di lokasi situs. Dengan aplikasi VR berbasis desktop yang dibuat dengan menggunakan perangkat lunak SketchUp dan Unity ini, pengguna dapat menelusuri kompleks situs dan seakan-akan berada pada situs aslinya. Pada pengujian yang dilakukan oleh beberapa responden aplikasi ini dinilai dapat berjalan dengan kendali kamea yang baik, menarik dan informasi mengenai situs Masjid Agung Banten dapat disajikan dengan relatif baik dan interaktif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

komputasi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Ilmiah Komputasi ISSN : 1412-9434 adalah jurnal ilmiah di bidang Komputer dan Komunikasi yang memuat tulisan-tulisan ilmiah mengenai penelitian-penelitian di bidang: perangkat keras, perangkat lunak, komputasi, jaringan komputer dan komunikasi data. Jurnal terbit empat kali dalam setahun ...