AKSIOMA
Vol 9, No 1 (2018): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Pengaruh Kecemasan Matematika (mathematics Anxiety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Murnaka, Nerru Pranuta (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2018

Abstract

AbstrakHasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah faktor sikap siswa. Faktor ini merupakan faktor yang berasal dari dalam diri siswa (internal). Salah satu sikap siswa dalam pembelajaran matematika adalah siswa yang merasa cemas terhadap matematika itu sendiri. Kecemasan yang dialami siswa dalam pembelajaran matematika disebut dengan kecemasan matematika (mathematics anxiety). Sikap cemas ini merupkan respon negatif yang membuat seseorang menghindari pembelajaran matematika serta ketidakmampuan dalam belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menyelidiki seberapa besar pengaruh kecemasan matematika  terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) Untuk menyelidiki seberapa tinggi tingkat keeratan hubungan linier antara kecemasan matematika  dengan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian korelasional karena bertujuan untuk mengetahui hubungan suatu variabel terhadap variabel lain.  Penelitian ini dilaksanakan di SMP Dharma Siswa, dengan subyek penelitiannya siswa kelas VII yang berjumlah 188 siswa. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0.0204 = 2,04%. Hal ini menunjukkan bahwa  hanya sebesar 2.04% kecemasan matematika mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Sedangkan 2) Nilai koefisien korelasi antara kecemasan matematika dengan hasil belajar matematika adalah r =  – 0,1428. Dengan demikian, diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang negatif antara kecemasan matematika (math anxiety) terhadap hasil belajar matematika, namun keeratan hubungan antara keduanya berada pada kategori sangat lemahKata kunci: kecemasan matematika (mathematics anxiety), hasil belajar matematika, korelasional

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...