JPI
Vol 1, No 1 (2016)

PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PROSES DAUR AIR

Sumiyati, Yeti (Unknown)
Sujana, Atep (Unknown)
Djuanda, Dadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini menerapakan model learning cycle 7E untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V A SDN Panyingkiran II pada materi proses daur air yang masih rendah. Rendahnya hasil belajar siswa sebagai akibat dari pembelajaran yang berpusat pada guru.  Learning cycle 7E, merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada siswa, siswa belajar secara aktif mengkontruksi pengetahuannya. Metode yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas berbentuk spiral Kemmis dan Mc. Taggart. Instrumennya menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan tes. Kinerja guru pada perencanaan siklus I 86%, siklus II 100%, dan siklus III 100%. Kinerja guru pada pelaksanaan siklus I 77%, siklus II 87%, dan siklus III 100%. Aktivitas siswa pada siklus I 62%, siklus II 86%, dan siklus III 92%. Hasil belajar siswa pada siklus I 43,83%, siklus II 69,56%, siklus III 90,91%. Target hasil belajar siswa pada penelitian ini 87%. Dengan demikian model learning cycle 7E dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci: model learning cycle 7E, hasil belajar, proses daur air.

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...