JPI
Vol 1, No 1 (2016)

PENERAPAN METODE PASANGAN BERBAGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Nurlawati, Ayu (Unknown)
Julia, Julia (Unknown)
Sunarya, Dede (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2016

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan yaitu menerapkapkan metode pasangan berbagi pada pembelajaran menulis surat pribadi di kelas IV-A SDN Tegalkalong I Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang, dengan tujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam materi menulis surat pribadi dengan menerapkan metode pasangan berbagi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak  tiga siklus, dan mengalami peningkatan dalam kinerja guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis surat pribadi pada setiap siklusnya. Adapun peningkatan pelaksanaan kinerja guru, yaitu pada  siklus I (85,3%), siklus II (94,1%), dan siklus III (100%). Sedangkan peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklusnya, yaitu siklus I (66, 67%), siklus II (76,19%), dan siklus III (90,48%), dan peningkatan hasil belajar siswa, yaitu siklus I (42,86%), siklus II (61,9%), dan siklus III (90,48%). Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penerapan metode pasangan berbagi efektif dalam pembelajaran menulis surat pribadi di SDN  Tegalkalong I Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang.Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Pasangan Berbagi, Menulis Surat Pribadi.

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...