JPI
Vol 1, No 1 (2016)

PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DAN PERMAINAN JELAJAH EYD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN

Fitriana Rahmawati, Nur (Unknown)
Julia, Julia (Unknown)
Dwija Iswara, Prana (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2016

Abstract

AbstrakData awal penelitian menunjukan masih adanya permasalahan pada proses pembelajaran menulis karangan di kelas IVA SDN Sindangraja yang berdampak pada rendahnya keterampilan siswa dalam menulis karangan dengan penggunaan ejaan yang benar. Untuk menyelesaikan permasalahan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam menulis karangan peneliti memilih menerapkan metode picture and picture dan permainan jelajah EYD sebagai solusi. Di dalam penelitian ini desain yang di gunakan adalah desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis dan Tagart. Hasil penelitian yang dilakukan dengan menerapkan metode picture dan picture dan permainan jelajah EYD untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan menunjukan adanya peningkatan. Pada siklus I siswa yang berhasil tuntas pada keterampilan menulis karangan sebesar 55,88%, siklus II sebesar 79,41%, dan siklus III mencapai persentase 91,17%. Hal tersebut membuktikan bahwa metode picture and picture dan permainan jelajah EYD dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan.Kata Kunci: menulis karangan, picture and picture, permainan jelajah EYD.

Copyrights © 2016






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...