Journal of Natural Science and Integration
Vol 1, No 1 (2018): JNSI

Kemampuan (Kinerja) Guru Fisika SMA Negeri dalam Pembelajaran Berdasarkan Teaching Experience di Kabupaten Kampar

Defrizal Hamka (Universitas Muhammadiah Riau)
S. Suparwoto (Universitas Muhammadiyah Riau)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi kemampuan guru fisika SMA Negeri terakreditasi A di Kabupaten Kampar dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran, dan penguasaan terhadap kompetensi serta mengetahui hubungan pengalaman mengajar, dengan kemampuan guru fisika SMA Negeri terakreditasi A di Kabupaten Kampar. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri di Kabupaten Kampar dengan subjek penelitian guru fisika yang mengajar di SMA Negeri terakreditasi A di Kabupaten Kampar yang berjumlah 21 orang guru. Teknik pengumpulan data berupa angket, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan guru fisika SMA Negeri terakreditasi A di Kabupaten Kampar pada perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam katergori sangat baik, sedangkan pada penilaian pembelajaran termasuk dalam kategori baik. (2) kompetensi kemampuan guru fisika SMA Negeri terakreditasi A di Kabupaten Kampar pada keempat kompetensi berdasarkan penilaian diri dan penilaian kepala sekolah termasuk dalam katergori sangat baik. (3) pengalaman mengajar memiliki hubungan korelasi kuat (searah) dan signifikan dengan kemampuan guru fisika SMA Negeri terakreditasi A di Kabupaten Kampar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JNSI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education

Description

Journal of Natural Science and Integration (JNSI) contains publications of research and review literature in the field of science learning such as chemistry learning, physics learning, biology learning, natural science learning and science integration as a form of intellectual property. It is ...