Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education
Vol 1, No 1 (2018): April

PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN PENERAPAN METODE DRILL DALAM KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR MEDIA KRAYON DI POS PAUD AQILA KIDS RIMBO PANJANG

Melvi Lesmana Alim (Universitas Pahlawan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ntuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak dengan penerapan metode drill dalam kegiatan mewarnai media Krayon Pos PAUD Aqila Rimbo Panjang . Adapun subyek penelitian adalah di Pos Paud Aqila Kids Rimbo Panjang yang berjumlah 20 orang anak, terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki, dengan usia anak 5-6 tahun. Waktu pelaksanaan direalisasikan selama 2 bulan. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian  tindakan  kelas. Berdasarkan hasil perbaikan pengembangan pada siklus II (kedua) dalam kegiatan mewarnai gambar dengan media crayon pada pengembangan motorik halus, maka dapat dikatakan bahwa perbaikan pengembangan cenderung menjadi lebih baik. Pada siklus I (pertama) penulis melakukan perbaikan pengembangan anak-anak yang mampu menyelesaikan tugas mewarnai gambar sederhana dengan baik hanya 9 anak atau 50 %,  pada pertemuan hari kelima (hari terakhir) perbaikan  pengembangan  siklus II, anak-anak yang mampu mewarnai gambar sederhana meningkat menjadi 18 anak atau 85 %, ini menunjukkan bahwa perbaikan pengembangan yang  dilakukan penulis mengalami peningkatan. Dari hasil ini, penulis dapat mengatakan bahwa perbaikan pengembangan yang dilakukan berhasil karena telah mencapai lebih dari setengah anak-anak yang mampu mewarnai gambar atau sudah lebih dari  50% . Maka penulis memutuskan untuk menghentikan perbaikan pengembangan  ini pada siklus yang kedua. Penerapan metode drill dalam kegiatan mewarnai gambar dengan media crayon terbukti dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

KINDERGARTEN

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan November, memuat artikel hasil Kajian Teori dan Praktik di bidang Pendidikan Anak Usia ...