Buffer Informatika
Vol 4, No 1 (2018)

IMPLEMENTASI ALGORITMA TOPSIS DALAM PEMILIHANDAN PENENTUAN KOMPETENSI ASISTEN LABORATORIUM DI FKOM UNIKU

maesyaroh, siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

AbstrakAsisten Laboratorium berperan sangat besar dalam kegiatan share knowledge dari dosen sebagai source knowledge kepada mahasiswa khususnya selama kegiatan praktikum di Lab FKOM UNIKU. Asisten Laboratorium (Aslab) harus memiliki pengetahuan yang tinggi dibandingkan mahasiswa lainnya agar dapat memandu mahasiswa dalam mempelajari materi praktikum. Perekrutan Aslab dilakukan melalui testing yaitu tes pemberkasan (persyaratan dokumen dan nilai minimal matakuliah praktikum serta ipk), tes wawancara, micro teaching dan tes tertulis (kompetensi). Akan tetapi belum adanya rumus yang optimal dalam memformulasikan hasil tes sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam pengambilan keputusan serta belum adanya sistem penentuan kompetensi Aslab sehingga menyulitkan ketika dilakukan penjadwalan. Maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang mampu memberikan alternatif pilihan terbaik dari Asisten Laboratorium yang berkualitas serta mampu mengelompokkan Asisten Laboratorium berdasarkan kompetensi yang dimilikinya. Algoritma yang digunakan untuk mengelola data tersebut adalah Algoritma TOPSIS. Dimana algoritma ini akan menghitung matriks bobot dari masing-masing hasil tes berdasarkan bobot yang telah ditentukan kemudian menghitung normalisasi matriks keputusan, menentukan matriks ideal positif dan negative, menentukan jarak Euclidean, menentukan nilai preferensi dari alternative dan melakukan pe-rangking-an (yang terbesar adalah pilihan terbaik).  Metode Pengembangan Sistem menggunakan Prototype Model dan perancangan system digambarkan menggunakan Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD). Hasil perancangan diimplementasikan kedalam bahasa pemrograman web menggunakan php dan mysql. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi berbasis web yang dapat memudahkan pemilihan Asisten Laboratorium dan penentuan kompetensi Asisten Laboratorium. Kata Kunci—Asisten Laboratorium, Laboratorium, FKOM, UNIKU, Perekrutan, Kompetensi, TOPSIS, Prototype, DFD,ERD, PHP dan MYSQL AbstractLaboratory Assistant has a big function in sharing knowledge from lecturers as source knowledge to university student especially during laboratory work in Computer Sciences Faculty Kuningan University. Laboratory Assistant must have higher knowledge than another university students in order to give direction for university students in laboratory work. Its recruitment is through testing covering document test (document requirement and standard minim grades of practice lesson and also cumulative practice index), interview test, micro teaching and writing test (competence test). There hasn’t been optimum formula to formulate test result. So it needs an application that can give best alternative choice for a qualified Laboratory Assistant and it can make group of Laboratory Assistant as a base from their competence. Algorithm that used for data manage is TOPSIS Algorithm. This algorithm calculates matrix weight from all result test based on weight that decides and calculates normalize decision matrix, positive and negative ideal matrix, Euclidean distance, preference value from alternative and grade of value (the biggest value is the best choice). The system Development Method uses Prototype Model and system design uses Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD). Its implementation is in PHP programming language and MySQL. The result from this application is that web based application can be easily in selecting Laboratory Assistant and determining competence Laboratory Assistant. Keywords— Laboratory Assistant, Laboratory, Computer Sciences Faculty, Kuningan University Recruitment, Competence, TOPSIS, Prototype, DFD,ERD, PHP and MySQL

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

buffer

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

BUFFER INFORMATIKA adalah jurnal peer-review tentang Informasi dan Teknologi yang mencakup semua cabang IT dan sub-disiplin ilmu termasuk Algoritma, Jaringan Komputer, Game, Rekayasa Perangkat Lunak, Aplikasi Mobile, Kecerdasan Buatan, Image Processing, Grafik Komputer, Data Maining dan Informasi ...