Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK)
Vol 1, No 2 (2015)

PENGEMBANGAN BUKU KOMIK FISIKA POKOK BAHASAN NEWTON BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Huriawati, Farida (Unknown)
Purawandari, Purwandari (Unknown)
Permatasari, Intan (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Menghasilkan sebuah buku komik fisika berbasis konstruktivisme sebagai media pembelajaran fisika siswa kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Sampung; (2) Mengetahui kualitas buku komik fisika berbasis konstruktivisme pada pokok bahasan hukum newton berdasarkan hasil penilaian validator dan respon siswa; (3) Mengetahui persentase peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pengembangan buku komik fisika berbasis konstruktivisme. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran IPA fisika berbasis konstruktivisme adalah adaptasi model pengembangan prosedural menurut sugiyono dan model pengembangan 4-D oleh S. Tiagarajan Dorothy S. Semmel dan Melvyn L. Semmel. Desain uji coba produk pengembangan dalam penelitian ini yaitu uji perorangan, uji kelas kecil, dan uji coba terbatas.Subjek uji coba adalah 6 siswa untuk uji kelas kecil dari kelas VIII B SMPN 1 Kecamatan Sampung dan uji coba terbatas yaitu 24 siswa kelas VIII D SMPN 1 Kecamatan Sampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Langkah-langkah pembuatan buku komik fisika dalam penelitian ini yaitu analisis ujung depan, analisis siswa, analisis materi, menentukan format, perancangan, validasi ahli, uji kelas kecil dan uji coba; 2) Kualitas buku komik fisika berbasis konstruktivisme ini memperoleh kategori baik dimana yang telah dinilai oleh ahli materi memperoleh presentase sebesar 88,44% (sangat layak) dan ahli media memperoleh presentase sebesar 91,11% (sangat layak) sedangkan pada kelas kecil memperoleh presentase sebesar 97,78% (sangat baik) dan uji coba terbatas memperoleh presentase sebesar 92,48% (sangat baik); 3) Hasil motivasi belajar siswa dilakukan uji kelas kecil memperlihatkan peningkatan tinggi dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,70 dan pada uji coba terbatas memperlihatkan peningkatan sedang dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,67.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPFK

Publisher

Subject

Astronomy Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) with registered number ISSN 2442-8868 (printed), ISSN 2442-904X(online) is scientific journals which publish articles from the fields of physics and physics education. JPFK will publish in two times issues Volume 1, Numbered: 1-2 are scheduled for ...