Empowerment
Vol 5, No 2 (2016): Volume 5, No 2, September 2016

IMPLEMENTASI KEKUATAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PENDEKATAN ANDRAGOGI

Rahman, Anita (Unknown)
Elshap, Dewi safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2016

Abstract

Pengembangan program pembelajaran tidak lepas dari situasi dan kondisi yang ada pada tiap individu, terutama dorongan pribadi dalam mencapai tujuan tertentu. Dalam kenyataannya, manusia dewasa memiliki kekhususan tersendiri dalam mengembangkan dan membangun proses belajarnya, sehingga dapat membangun dan mengembangkan sendiri pendekatan, program bahkan metode belajarnya sendiri, secara teori, andragogi mendukung hal tersebut. Proses penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memberikan gambaran mengenai bentuk dan dasar pendekatan yang berhubungan dengan pembentukan motivasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Luar Sekolah yang menjadi objek dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan andragogi memberikan dampak yang cukup besar dalam membangun motivasi belajar mahasiswa, terutama yang ditunjukkan dalam intensitas perhatian selama perkuliahan,  konsistensi dalam mengerjakan tugas dan evaluasi perkuliahan, serta capaian kriteria kelulusan mata kuliah yang membaik.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

empowerment

Publisher

Subject

Education

Description

Empowerment Journal publishes original research or theoretical papers about : 1. non formal education 2. community education 3. community development 4. training and course 5. informal education 6. social communication to support community learning ...