Jurnal Eksplora Informatika
Vol 4 No 1 (2014): Jurnal Eksplora Informatika

Aplikasi Pengenalan Binatang Berbasis Mobile Untuk Anak TK

Ni Luh Ratniasih (Unknown)
I Ketut Suardika Artana (Unknown)
I Kadek Hedy Sugiantara (Unknown)
I Gede Arya Suartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2016

Abstract

Perkembangan teknologi mobile saat ini begitu cepat. Kita dapat lihat pada perkembangan teknologi hadphone, dimana handphone saat ini tidak hanya digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi saja melainkan sebagai media pembelajaran. Handphone saat ini dapat digunakan sebagai alat pembelajaran bagi anak usia dini khususnya anak TK. Penelitian ini akan merancang sebuah aplikasi pembelajaran pengenalan binatang berbasis mobile, yang menampilkan kumpulan jenis-jenis binatang yang ada di sekitar alam ini, disertai dengan gambar untuk memberikan informasi dari masing - masing jenis binatang dan contoh dari suara yang dihasilkan dari binatang tersebut. Aplikasi ini dirancang menggunakan bahasa pemograman Java dengan editor Eclipse dan hanya bisa berjalan pada sistem operasi android maksimal dengan operation system support versi 4.1 (Jelly Bean). Aplikasi yang dibuat berjenis client server, dimana aplikasi server berbasis web dan aplikasi client berbasis android dan terkoneksi menggunakan teknologi web service (Json). Aplikasi ini diperuntukkan untuk anak-anak sehingga membutuhkan bimbingan guru atau orangtua yang difasilitasi ponsel berbasis android.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

eksplora

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Eksplora Informatika adalah jurnal nasional berbahasa Indonesia yang dikelola oleh Bagian Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) STIKOM Bali. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dengan topik-topik penelitian yang berasal dalam cakupan rumpun ilmu Teknik Informatika dan ...