Abstrak Pentingnya brand awareness terhadap produk UMKM sebagai dasar utama untuk memperkenalkan merek suatu produk. Strategi pengembangan merek yang tepat dapat memudahkan konsumen dalam memilih produk ditengah banyaknya pilihan dan kualitas yang ada serta dapat mengantarkan para pelaku usaha tersebut memasuki pasar nasional dengan citra postif yang melekat pada perusahaan tersebut. Tujuan dilakukannya kegiatan ini yaitu melakukan introduksi pentingnya merek sebuah produk dalam upaya mengembangkan usahanya. Sehingga kajian ini dapat dijadikan masukan untuk para pelaku usaha mikro kecil menengah, khususnya Indra Collection sebagai strategi brand awareness dalam pengembangan usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini dalam mengembangkan merek para pelaku usaha perlukan menggabungkan antara peran manjemen merek dalam organisasi sebagai faktor internal dan brand recognition sebagai faktor eksternal.Kata kunci: UMKM, Merek, Kesadaran Merek
Copyrights © 2018