IJIS - Indonesian Journal On Information System
Vol 2, No 1 (2017): APRIL

PENGGUNAAN MODEL E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI MICROPROCESSOR

,, Muharto (Unknown)
Hasan, Syahril (Unknown)
Ambarita, Arisandy (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan model e-learning dalam pembelajara materi microprocessor di Politeknik Sains dan Teknologi Wiratama Maluku Utara. Metode yang digunakan eksperimen semu (Quasi Eksperimen Design) dengan pola noequivalent control group design. Penelitian diawali dengan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel penelitian, dilanjutkan dengan pemberian perlakuan. Perlakuan yang diberikan adalah penerapan pembelajaran menggunakan e-Learning pada kelompok eksperimen dan penerapan pembelajaran tanpa e-Learning pada kelompok kontrol. Kemudian dilanjutkan dengan postest untuk mengetahui hasil akhir pembelajaran. Hasil penelitian membuktikan adanya perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen 83,33% siswa yang mencapai kategori sangat baik sedangkan pada kelompok kontrol tidak ada yang mencapai kategori sangat baik. Uji hipotesis menggunakan mann whitney U (two independent samples T test), diperoleh nilai U=200,500; W= 696,500; Z-3,958, dan Asymp sig.0,000 < Ī± = 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok e-learning lebih effektif hasil belajarnya daripada kelas tanpa e-learning. Oleh karena itu, perlu adanya penerapan model e-Learning dala pembelajaran khususnya pada materi microprocessor.Kata kunci: Model e-learning, microprocessor dan hasil belajarĀ 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

IJIS - Indonesian Journal On Sistem Information adalah sebuah publikasi yang peruntukan bagi akademik baik dosen, guru, peneliti, praktisi dan sejenisnya untuk mempublikasikan karya ilmiah agar biasa bermanfaat untuk ...