Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam
Vol 6 No 2 (2015): April 2015

Kontribusi Strategi Marketing Dalam Mengembangkan Pesantren Darussalam Putri Blokagung Tegalsari Banyuwangi

Siti Aimah (Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Banyuwangi)



Article Info

Publish Date
21 May 2017

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada strategi marketingdalam mengembangkanpesantren Darussalam Putri Blokagung Tegalsari Banyuwangi, terkait hal tersebut penulis berusaha menjawab 4 pertanyaan pokok, yaitu : (1) Apa saja kontribusi strategi marketing dalam meningkatkan kuantitas santri pesantren Darussalam putri Blokagung Tegalsari Banyuwangi tahun 2015? (2) Bagaimana Follow Up (tindak lanjut) implementasi strategi marketing dalam pengembangan kualitas pesantren Darussalam putri ? (3) Bagaimana peran pimpinan pada implementasi marketing pesantren Darussalam putri? (4) Bagaimana pengembangan strategi yang tepat diterapkan untuk marketing pesantren Darussalam putri tahun 2015?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis Matrik General Electrik dan analisis SWOT. Dengan informan kunci ketua pondok dan informan pendukung: guru, pengurus, santri, alumni. Untuk mendapatkan informasi peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Dari data yang diperoleh dan analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa (1) kontirbusi strategi marketing dalam meningkatkan pangsa pasar dan daya saing. (2)Follow Updalampengembangan kualitas adalah dengan mengadakan berbagai kegiatan ekstrakuler, peningkatan Sumber Daya Insani, perbaikan sistem pengajaran dan penambahan fasilitas. (3) Peran pimpinan adalah sebagai perencana, pengoganisasi, supervisor, komunikator dan evaluator.(4) Strategi yang tepat diterapkan bagi markleting pesantren Darussalam putri Blokagung Tegalsari Banyuwangi adalah penggunaan manajemen marketing.

Copyrights © 2015