Jurnal Istiqro'
Vol 3 No 2 (2017): Juli 2017

Analisis Persepsi dan Sikap terhadap Perilaku Konsumen dalam Pemilihan Tabungan Berbasis Syariah di IAIDA Blokagung Tegalsari Banyuwangi

M. Rizqon Al Musafiri (Institut Agama Islam (IAI) Darussalam Banyuwangi)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2017

Abstract

Perbankan syariah berdampak pada sebuah perguruan tinggi islam yaitu IAIDA Blokagung Banyuwangi, dengan demikian terjadi pemahaman yang berbeda masing-masing dosen. Para dosen sudah banyak mengetahui tentang adanya Bank Syariah maka sudah selayaknya jika para dosen cenderung menggunakan jasa perbankan syariah yang sering mengkaji tentang produk-produk perbankan syariah, jadi dengan adanya pengetahuan tentang perbankan syariah tersebut sangat mempengaruhi sikap dosen terhadap produk-produk perbankan syariah sehingga akan menjadi sangat wajar apabila sebagian dosen mampu mensikapi produk-produk perbankan syariah.1. Apakah variabel Persepsi X1, Sikap X2, berpengaruh signifikan secara parsial terhadap perilaku konsumen dalam pemilihan tabungan berbasis syariah di IAIDA Blokagung Tegalsari Banyuwangi. 2. Apakah variabel Persepsi X1, Sikap X2, berpengaruh signifikan secara simultan terhadap perilaku konsumen dalam pemilihan tabungan berbasis syariah di IAIDA Blokagung Tegalsari Banyuwangi. 3.Dari variabel Persepsi X1, Sikap X2, manakah yang paling dominan terhadap perilaku konsumen dalam pemilihan tabungan berbasis syariah di IAIDA Blokagung Tegalsari Banyuwangi.Untuk menguji validitas alat ukur, terlebih dahulu dicari harga korelasi antara bagian-bagian dari alat ukur secara keseluruhan dengan cara mengkorelasikan setiap butir alat ukur dengan skor total yang merupakan jumlah tiap skor butir, dengan rumus Pearson Product Moment. 1.Berdasarkan pengujian secara parsial yang di dapatkan pengaruh persepsi X1 dan sikap X2 sebesar 50,98% maka dapat dikatakan bahwa persepsi dan sikap secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pemilihan tabungan berbasis syariah di IAIDA Blokagung Tegalsari Banyuwangi. 2.Berdasarkan pengujian secara parsial yang di dapatkan pengaruh persepsi X1 terhadap perilaku konsumen Y sebesar 78,32 % maka dapat dikatakan bahwa persepsi terhadap perilaku konsumen berpengaruh secara signifikan dalam pemilihan tabungan berbasis syariah di IAIDA Blokagung Tegalsari Banyuwangi. 3.Variabel yang lebih dominan dalam mempengaruhi pemilihan tabungan berbasis syariah adalah variabel persepsi, hal ini dapat dilihat dari nilai variabel persepsi 78,32% lebih besar dari variabel sikap yang hasilnya 49,00%

Copyrights © 2017