Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 61, No 1 (2018): AGUSTUS

BUSINESS MODEL AND BUSINESS MODEL ENVIRONMENT (STUDY OF STARTUP COMPANY, ZEEMI)

Adhitya Rachman (Unknown)
Wilopo Wilopo (Unknown)
M. Kholid Mawardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami mengenai model bisnis dan lingkungan model bisnis dari perusahaan startup, Zeemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Proses penelitian ini melibatkan dua orang narasumber yaitu Thomas Damek selaku salah satu pendiri dan pimpinan perusahaan dan Ryan Handoyo selaku salah satu pendiri dan manajer konten. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: lingkungan bisnis di industri digital khususnya sektor aplikasi media sosial sangat kompetitif namun penuh dengan peluang. Zeemi menggunakan model bisnis platform dalam beroperasi. Model bisnis platform sendiri memiliki empat tantangan yang perlu dilalui. Pertama, jumlah sisi yang harus diakuisisi pertama kali. Kedua, disain dari platform itu sendiri. Ketiga, struktur harga dari sebuah platform. Keempat, aturan pengelolaan dari platform. Penelitian ini juga memiliki beberapa keterbatasan yaitu: hanya menggunakan satu perusahaan. Keterbatasan sumber data dikarenakan ukuran perusahaan. Keterbatasan literatur terkait model bisnis kanvas dan startup. Kata Kunci: Model Bisnis, Model Bisnis Kanvas, Lingkungan Model Bisnis, Startup. ABSTARCT The research aims to understand about business model and business model environment of startup company, Zeemi. The research uses qualitative method with case study approach. It involves two key persons i.e. Thomas Damek as Founder and CEO, and Ryan Handoyo as Co-Founder and Content Manager. The results show that: business environment in digital industry especially social media application sector is very competitive but has many opportunities. Zeemi uses platform business model in its operation. Platform business model has four challenges. First, the number of sides to bring on board Second, design of the platform. Third, pricing structures of platform, and Fourth, governance rules of the platform. The research has some limitations i.e. only use one company. Limited data source because of the size of the company. Limited literature regarding business model canvas and startup. Key Words: Business Model, Business Model Canvas, Business Model Environment, Startup.

Copyrights © 2018